Hobi

Ayooo tekuni hobi anda selama itu positif

Kamis, 10 Februari 2011

Bujet Rp3 Juta Bisa Rakit Sepeda Fixie, kok...

Sedikit Tentang Fixie/fixed gear

Fixed Gear: Primitif Tapi Trendy
Sepeda fixed gear di mana-mana. Sepeda dengan ketidakmampuan untuk meluncur sendiri tanpa pedal berhenti berputar ini, makin merajalela di kota-kota besar di Indonesia. Mulai yang menggunakannya untuk alat transportasi atau olahraga, hingga yang menjadikannya fashion statement.
Sebenarnya, apa itu sepeda fixed gear, dan kenapa bisa menjadi sedemikian populernya di seluruh dunia?

Sejarah Singkat
Sebetulnya, sepeda fixed gear adalah bentuk paling “primitif” dari sebuah sepeda. “Anda bisa menambahkan apa saja pada sebuah sepeda, tapi akan ada saatnya di mana anda tidak bisa mengurangi komponen sebuah sepeda tanpa menghilangkan fungsi dasarnya. Itulah fixed gear,” kata Graeme Obree, pemegang rekor Hour Record dari Inggris.
Pada awalnya, semua sepeda nggak punya rantai. Entah dikayuh dengan kedua kaki macam otopet, atau memiliki pedal yang langsung terhubung ke as roda, sehingga tiap kayuhan kaki langsung memutar roda sepeda. Kelemahan dari teknologi ini, bila kita menginginkan sepeda berjalan lebih jauh tiap satu putaran pedal, berarti diameter roda harus dibuat sebesar mungkin. Batas diameter yang mungkin adalah dua kali panjang kaki pengendaranya, dan sepeda dengan roda sebesar itu sangat nggak stabil pengendaliannya. Bahaya.
Selanjutnya, kelemahan ini diatasi dengan menggunakan diameter roda yang tidak begitu besar untuk mengurangi bahaya. Untuk membuat sepeda berjalan lebih jauh setiap satu putaran pedal, maka digunakan mekanisme roda gigi dan rantai yang bisa diset dengan rasio tertentu. Ya, mirip dengan sepeda yang kita lihat sekarang.
Pada saat itu, posisi roda gigi belakang (yang terhubung ke roda belakang) adalah tetap, atau fixed. Tiap putaran pedal akan memutar roda, dan begitu pula sebaliknya. Nah, inilah yang disebut fixed gear, atau bahasa sininya “doltrap”. Karena bentuk sistem penggerak ini masih dianggap berbahaya untuk mayoritas orang, maka selanjutnya dikembangkanlah mekanisme freewheel, yang memungkinkan sepeda meluncur sendiri meskipun pedal berhenti dikayuh, atau coasting.

Dari Velodrom ke Jalanan
Sepeda fixed gear, awalnya murni digunakan untuk perlombaan di velodrom, atau kompetisi track bike. Memang, momentum yang dihasilkan dari putaran roda fixed gear akan sangat membantu pembalap untuk mencapai kecepatan setinggi-tingginya, tapi karena resiko bahayanya maka penggunaan fixed gear untuk kompetisi akhirnya dibatasi di velodrom.
Mari kita loncat sejenak ke New York. Ibukota trendsetter dunia.
Jauh sebelum faksimili, jaringan internet, dan telepon selular, keberadaan kurir atau messenger untuk mengantar dokumen di distrik bisnis New York adalah sangat vital. Berhadapan dengan kemacetan lalu lintas, awalnya para messenger ini memilih untuk berjalan kaki, atau naik bus atau subway. Kultur bersepeda belum terlalu populer waktu itu, tenggelam di tengah kecintaan masyarakat Amerika pada mobil dan bahan bakar fosil.
Hingga kemudian beberapa messenger imigran dari Jamaika yang memiliki latar belakang sebagai atlet track bike di negara asalnya terpikir untuk menggunakan sepeda sebagai alat transportasi. Selain minus biaya karena minim perawatan (dengan sepeda track yang notabene fixed gear, tidak perlu khawatir akan kerusakan freewheel, derailer, atau rem. Karena memang nggak ada semua), bebas macet, dan jauh lebih cepat melibas kemacetan dibanding menunggu bus atau berjalan kaki. Walaupun kini tidak semua bike messenger menggunakan sepeda fixed gear, namun messenger yang menggunakan fixed gear memiliki status sosial lebih tinggi di mata sesama messenger.
Sebagai komunitas, tentunya para messenger ini memiliki pola sub-kultur tersendiri. Kehidupan mereka yang bebas, tidak terikat pada norma masyarakat “normal”, serta profesi yang menantang dan memicu adrenalin ini menarik perhatian kalangan hipster “gaul” yang mulai tertarik bersepeda, seiring merebaknya popularitas bersepeda di seluruh dunia kurang lebih pada pertengahan dasawarsa yang barusan lewat. Para hipster modis yang melek internet ini menjadikan fixed gear sebagai bagian dari fashion statement, terutama karena biasanya sepeda yang dipakai para messenger itu simpel (ya, karena nggak ada apa-apanya, rem aja nggak ada) namun dibuat sangat personal melalui pilihan warna dan komponen yang sesuai dengan kebutuhan pemiliknya. Selanjutnya, trend baru ini dibaca oleh kalangan di dunia fashion dan apparel, dan dengan bantuan internet… menyebarlah virus baru ini ke seluruh dunia.

Kok Bisa Sampai ke Indonesia?
Terima kasih kepada internet, akhirnya virus ini menyebar pula di Indonesia khususnya pada setahun belakangan ini.
Diawali dari Jakarta saat beberapa member sebuah forum khusus sepeda terbesar di Indonesia mulai saling “meracuni” dengan gambar-gambar sepeda fixed gear yang ditemukan di internet. Waktu itu, belum ada yang berani untuk membangun sepeda fixed gear, mengingat perbedaan kondisi lalu lintas Jakarta dan New York. Belum lagi keterbatasan parts yang ada di pasaran. Tapi tak butuh waktu lama untuk para pelopor ini untuk membangun fixed gear masing-masing, berbekal road bike uzur, parts akal-akalan, dan ilmu dari internet.
Tidak jauh berbeda dengan negara asalnya, di Indonesia pun penggunaan fixed gear dapat dibagi dalam beberapa klasifikasi. Yang getol ngebut, yang senang nge-trick (terutama untuk penggemar yang memiliki latar belakang skill BMX atau trials, atau kebanyakan nonton Youtube), yang biasa-biasa saja tapi gemar jalan jauh, minimal untuk commuting sehari-hari, yang murni melihat sepeda ini sebagai fashion statement (dengan kata lain, doyan dandan), dan gabungan dari beberapa klasifikasi di atas. Tiap kota besar, kecenderungannya pun berbeda. Misalnya, karena akses yang terbuka, anak-anak Jakarta bisa dibilang terdepan soal masuknya barang baru dari luar negeri. Atau betapa komunitas fixed gear di Bandung lebih terkenal karena custom frame bikinan sendiri serta variasi trik dan “kecongkakan” skill yang dimiliki (coba cek fixgearcongkak ), lalu barang-barang track bike yang tergolong vintage yang jadi ciri khas anak-anak Jogja, dan lain-lain.
Yang jelas, penggemar fixed gear tulen umumnya disatukan oleh satu tujuan. Karena gemar bersepeda, dan merasakan sensasi (dan resiko bahaya) yang berbeda dari sepeda “biasa”.

Mau Dong ikut ketularan
Pengin ikut ketularan virus juga? Nah. Ini ada beberapa hal yang harus diperhatkan untuk bisa ketularan virus fixed gear. Nggak mudah, tapi juga nggak sulit. Sederhana, tapi penuh kontemplasi.
Komitmen
Lah. Syarat pertama bukannya bisa naik sepeda? Iya. Selain itu, ada yang lebih penting lagi, yaitu komitmen.
Komitmen di sini berkaitan seberapa perhatiankah kita pada kemampuan kita sendiri. Mawas diri, lah. Memang sih, salah satu daya tarik fixed gear adalah kesan minimalis yang didapat dari minimnya komponen yang terpasang, tapi kalau handling skill nggak terlalu mumpuni, ya jangan berani-beraninya ikut-ikutan nggak pakai rem. Ingat, freewheel diciptakan untuk mengurangi resiko bahaya yang terdapat di sepeda fixed gear, jadi kesimpulannya adalah sepeda fixed gear lebih berbahaya dibanding sepeda “biasa” yang menggunakan freewheel.
Pasanglah rem. Minimal depan. Urusan nantinya terpakai atau tidak, itu belakangan. Pokoknya ada dulu. Nanti, bila suatu hari skill dirasa sudah cukup mumpuni, terserah kalau itu rem mau dilepas. Tapi ingat, lakukan dengan pertimbangan matang dan rasa tanggung jawab. Bila sudah berkomitmen untuk melepas rem, segala yang terjadi setelahnya adalah tanggung jawab sendiri.
Selanjutnya, beda sama sepeda “biasa” yang mungkin udah ada di garasi atau di ruang tamu yang bisa ganti rasio gigi sesuai kebutuhan, di sepeda fixed gear cuma ada satu percepatan. Ya itu, rasio yang merupakan perbandingan antara ukuran chainring dan cog yang kita pilih. Apapun medannya, tanjakan atau turunan, macet atau lancar, kita akan terikat di pilihan rasio itu. Makanya pemilihan rasionya harus disesuaikan dengan kebutuhan, dan kemampuan.
Terus, ukurannya jadi berapa? Biasanya untuk penggunaan jalan raya, rasio yang bisa dipakai adalah 65 gear inches. Untuk ukuran roda 700c, bisa gunakan chainring 46 mata, dipadu cog 18 mata. Kalau terasa terlalu enteng? Ya sudah, dibuat lebih berat saja, dengan memperbesar ukuran chainring atau memperkecil ukuran cog. Begitu pula sebaliknya.
Sepedanya
Ya iya lah. Pertanyaannya, sepeda fixed gear itu perlu sepeda khusus nggak sih?
Dikembalikan lagi pada definisi dasarnya, maka terlihat bahwa sebenarnya hampir semua sepeda bisa dijadikan sepeda fixed gear. Entah itu road bike, MTB, hybrid, sepeda lipat, BMX, sebut aja deh. Soalnya, inti ke-fixed gear-an sebuah sepeda adalah di sistem penggeraknya, khususnya hub belakang yang fixed alias nggak punya mekanisme freewheel.
Lalu kenapa sepeda fixed gear identik dengan ban kurus 700c serta geometri track bike atau road bike? Jawabannya, dulunya sepeda fixed gear berangkat dari kultur track bike, dalam hal ini sepeda track yang dipakai di jalanan. Sebenarnya ada pertimbangan lain juga, yaitu karena ban kurus 700c dan geometri road/track bike itu sesuai dengan medan yang dihadapi, dalam hal ini jalanan di lingkungan urban. Logikanya, kalau kita cuma punya satu pilihan rasio gigi, tentunya kita ingin sepeda kita jadi seefisien mungkin, dong. Roda yang kurus itu akan membuat rolling resistance ke aspal jadi minimal, sehingga tenaga yang kita keluarkan tidak terbuang percuma.
Jadi kalau misalnya kita mau mengubah MTB jadi fixed gear? Nggak masalah, bisa-bisa aja. Bahkan setelah dijadikan fixed gear, MTB itu masih bisa dipakai off-road, kok.
Teknik/Skill
Terkait resiko bahayanya, maka jangan lupa pakai peralatan keselamatan. Helm yang bagus, sepatu, dan lain-lain. Ingat, menggunakan helm tidak mengurangi resiko terjadinya kecelakaan, tapi mengurangi resiko akibat cedera kecelakaan.
Pertanyaan klasik tiap kali melihat sepeda fixed gear tanpa rem: ngeremnya gimana? Nah. Pengereman pada sepeda fixed gear yang brakeless, sepenuhnya mengandalkan kekuatan kaki untuk menahan putaran roda belakang. Ada beberapa teknik, tapi teknik dasarnya ya itu.
Kedengaran lebih mudah diucapkan daripada dilakukan? Memang iya. Terutama pada kecepatan tinggi, di mana momentum putaran roda belakang sudah terlalu besar untuk ditahan kaki. Dalam kondisi ini ada kemungkinan kaki terlepas dari pedal, dan itu sangat bahaya karena ada kemungkinan betis atau kaki “ditabok” pedal atau crank arm dari belakang. Untuk menghindarinya, maka penggunaan foot retention atau mekanisme untuk menjaga agar kaki tetap berada di pedal adalah sangat penting. Bentuknya bisa toe clip/straps atau tali pedal yang biasa ditemui di road bike jaman dulu, atau pasangan sepatu dan pedal clipless.
Selanjutnya, berbelok. Karena pedal akan ikut berputar seiring putaran roda belakang, maka saat kita memiringkan sepeda saat berbelok, tak ada kesempatan untuk menjaga pedal agar tetap berada di posisi jam 3 dan jam 9. Dengan kata lain ada resiko pedal mentok ke aspal (pedal strike), terutama pada sepeda fixed gear yang dibangun dari rangka road bike, yang biasanya bottom bracket shell-nya lebih dekat ke aspal dibanding track bike. Resiko lain, pedal bisa juga mentok ke roda depan saat berbelok patah (toe overlap). Lagi-lagi biasanya terjadi pada sepeda fixed gear yang merupakan konversi dari road bike, yang punya jarak sumbu roda lebih pendek dibanding track bike.
Tapi apakah naik fixed gear sesulit itu? Nggak juga, sih. Bisa dipelajari. Dan ingat, selama proses belajar itu, jangan ngelepas rem dulu. Atau cuma pakai rem belakang, itu sih sama aja bohong. Untuk memberhentikan sepeda secara efektif, nggak ada yang mengalahkan dahsyatnya rem depan. Biasakan juga untuk mengasah kemampuan untuk memprediksi jalur yang akan diambil di tengah lalu lintas jalan raya, untuk menghindari keharusan berbelok patah.
Kalau sudah ketemu selahnya, bersiaplah untuk jadi kecanduan bila sudah mulai bisa menikmati sensasi bersepeda fixed gear.

Hobi sepeda fixie

Sepeda Fixie identik dengan gaya minimalis, murah dan tidak ribet. Sepeda Fixie tidak memiliki rem, pedal terus berputar selama roda mengelinding. Itulah sepeda yang sedang tren dikalangan muda sampai pekerja. Mengunakan sepeda tidak hanya sebagai alat transportasi, tetapi untuk gaya hidup. Membangun sepeda Fixie boleh dibilang gampang gampang susah, urusan komponen begitu banyak dan sebagian bisa dikombinasikan dengan komponen sepeda balap. Hanya sepeda Fixie lebih sederhana, ibarat kalangan muda dengan gaya tersendiri sehingga bisa membuat sepeda sesuka hati.
Apakah ciri dari sepeda Fixie?
Sepeda Fixie identik dengan sepeda tanpa rem, tanpa gear dinamis belakang. Semua dibuat fix, roda berputar maka pedal ikut berputar. Mengerem sepeda Fixie hanya mengandalkan kekuatan pedal dengan menahan laju atau mendorong pedal ke belakang serta dibantu dari roda depan.
Ban sepeda Fixie juga tipis, sehingga ringan ketika di genjot. dan yang lain menarik pada bagian stang. Dimana stang atau handlebar sepeda Fixie dibuat dengan tegak lurus. Minimalis disain menjadi ciri sepeda single speed ini.
Bagaimana memiliki, membangun atau membuat sepeda Fixie?
Ada 2 pilihan : 1.Beli jadi,
menghemat waktu dan tenaga, harga tergantung hati dan budget. Pilihan ini baik untuk mereka yang belum memiliki rangka sepeda atau tidak mau repot. Harga relatif lebih mahal, dan komponen umumnya lebih bermutu.
Harga sepeda Fixie untuk minimum dengan komponen seadanya dapat mencapai 1.5 juta. Harga sepeda Fixie yang cukup lumayan sekitar 2.5 juta atau lebih. Sedangkan harga sepeda Fixie rakitan tipe generic dengan komponen cukup baik mencapai 3.5 juta keatas. Tipe sepeda fixie bermerek umumnya berada di atas 4 juta, tergantung komponen yang sedang in.
2. Merakit atau modifikasi dari sepeda bekas.
Yang ini lebih repot, tetapi ketika jadi akan memenuhi hati pemiliknya. Beli dari rangka kosong sudah banyak dijual, atau bisa memilih rangka polos dan di cat sendiri.
Bisa juga mengunakan frame sepeda balap lama. Komponen dari roda dilepas dan diganti dengan komponen sepeda Fixie yang simpel. Untuk ukuran frame sepeda balap tua umumnya masih bisa dipakai, rata rata sepeda Fixie dirancang untuk ban 700C. Jadi bisa saja sepeda jenis road bike lama memasukan hub jenis 700c yang lebih kecil. Ingin meninggalkan sejarah pada sepeda, boleh juga mempertahankan bagian stang road bike. Sisanya boleh di modifikasi.
Apa keunikan dari sepeda Fixie ?
Ini gaya sepeda anda, masalah warna mengikuti selera. Komponen sepeda Fixie tahun ini sudah sangat banyak dan murah. Mau menganti ban dengan warna merah juga boleh, atau kuning susu juga ada, atau membuat sepeda dengan warna putih semuanya juga bisa.
Urusan frame, bila membeli frame jenis rakitan lebih seru. Beli frame polos lalu di cat sesuka hati pemiliknya.
Velg atau Rim Fixie, memiliki beraneka model walaupun bentuknya sama bundar tetapi ada beberapa velg dibuat lebih tebal. Warnanya dari hitam dan putih sudah banyak dipasaran.
Urusan Stang sepeda Fixie juga unik. Dibuat lebih pendek sehingga bisa menyelinap diantara kemacetan kendaraan. Ingin mempertahankan stang atau handlebar sepeda lama juga boleh.
Yang paling asik dengan sepeda Fixie, sepeda ini bisa maju mundur sesuka hati. Digenjot bisa maju atau digenjot kebelakang maka sepeda akan mundur. Maklum sepeda ini umumnya mengunakan gigi belakang tipe fix gear atau gear tetap.
Yang pasti , karena mengikuti gaya minimalis. Sepeda Fixie memang ringan. Rata rata beratnya tidak lebih dari 11kg, bahkan ada yang jauh lebih ringan.
sumber: http://www.duniakita.info/2010/12/sepeda-fixie-sepeda-gaul-anak-muda-masa.html?
Semoga artikel Sepeda Fixie-Sepeda Gaul Anak Muda Masa Kini memberikan tambahan wawasan untuk anda.

Minggu, 06 Februari 2011

Buat yang hobi sama blacbarry

Inilah Desain BlackBerry Masa Depan, BlackBerry Empathy [Foto+Video]

Desain BlackBerry yang kita tahu selama ini cukup khas. Layar lebar, dilengkapi navigasi trackpad atau trackball, dan rata-rata hadir dengan keypad Qwerty. Tapi, konsep satu ini mungkin akan membuat Anda tercengang dan sama sekali tidak disangka sebelumnya.
Konsep BlackBerry Empathy yang diusung Kiki Tang dan Daniel Yoon dari Art Center College of Design jauh berbeda dari konsep desain BlackBerry yang beredar saat ini.
Sepintas BlackBerry Empathy hadir dengan fisik ponsel menyerupai kristal dan tampilan antarmuka unik berupa cincin biometrik yang berfungsi mengumpulkan data emosional. Ia bekerja ketika Anda berhubungan dengan teman Anda melalui instant messaging (IM) dan layanan jejaring sosial, seperti Facebook, Twitter, dan semacamnya.
“Seperti yang dilihat, konsep ini menawarkan teknologi layar sentuh. Uniknya, koneksi antarpengguna ditampilkan secara grafis, sehingga penggunanya dimudahkan untuk melihat siapa berhubungan dengan siapa,” kata Kiki, salah satu desainer Empathy, seperti dikutip VIVAnews dari CrackBerry.com, Selasa 30 November 2010.
Tiap kontak akan mempunyai avatar yang masing-masing dilingkari cincin dua warna yang menunjukkan data emosional. Tentu saja, warna cincin tersebut dipengaruhi oleh emosi kontak yang bersangkutan. Misalnya, cincin berwarna yang terletak di bagian dalam menunjukkan emosional seseorang sebelumnya. Sementara cincin bagian luar menunjukkan emosional seseorang yang sedang berlangsung.
“Sangat menarik untuk mengetahui perubahan emosi seseorang, terlebih lagi ketika ingin mengetahui emosinya berubah setelah melihat sebuah peristiwa,” jelas Kiki.
Fitur penting lainnya adalah Emotional Health Chart. Grafik ini dapat memonitor diagram kesehatan seseorang secara emosional dalam waktu yang tak terbatas. Seseorang dapat melihat bagaimana suatu peristiwa, seperti panggilan telepon, atau menerima sebuah pesan singkat dapat mempengaruhi emosional pengguna. Senang, sedih, marah, dan sebagainya. Jika grafik menunjukkan seseorang tersebut selalu sedih, maka bisa jadi ia sedang mengalami masalah. Jika diizinkan, pengguna dapat melihat grafik pengguna lain juga.
Konsep yang sungguh menarik. Meski belum diketahui teknologi apa yang akan mendukungnya. Kami yakin Anda pun penasaran untuk melihat suasana hati Anda pada cincin tersebut, atau mengetahui suasana hati pasangan Anda saat suatu peristiwa terjadi. Mari kita tunggu apakah konsep ini benar-benar diwujudkan oleh Research In Motion (RIM) atau tidak.
Foto – Foto :


Jumat, 04 Februari 2011

Untuk yang hobi otomotif motor

Untuk produk motor kawasaki terbaru 2011 adalah sbb :
Kawasaki Z 750R

 
Make ModelKawasaki Z 750R
Year2011
EngineLiquid cooled, four stroke, transverse four cylinder, DOHC, 4 valve per cylinder.
Capacity748
Bore x Stroke68.4 x 50.9 mm
Compression Ratio11.3:1
InductionFuel injection: ø32 mm x 4 (Keihin) with oval sub-throttles
Ignition / StartingDigital / electric
ClutchWet, multiple discs, cable operated
Max Power 77.7 kW 106 hp @ 10500 rpm
Max Torque78 Nm 8.0 kg-fm @ 8300 rpm
Transmission / Drive6 Speed / chain
Gear Ratio1st 2.571 (36/14) 2nd 1.941 (33/17) 3rd 1.556 (28/18) 4th1.333 (28/21) th
1.200 (24/20) 6th 1.095 (23/21) Final reduction ratio 2.867 (43/15)
FrameTubular backbone (with engine sub-frame),
high-tensile steel
Rake/Trail24.5° / 103 mm
Front Suspension41 mm inverted fork with rebound damping and spring preload adjustability, 120mm wheel travel
Rear SuspensionBottom-Link Uni-Trak, gas-charged shock with piggyback reservoir Rebound damping: Stepless Spring preload: Stepless, 134mm wheel travel
Front Brakes2x 300mm discs 4 piston caliper
Rear BrakesSingle 200mm disc 1 piston caliper
Front Tyre120/70 -17
Rear Tyre180/55 –17
Seat Height815 mm
Dry-Weight (wet)203 kg (230 kg)
Fuel Capacity 18.5 Litres

Info hobi otomotif

Rolls-Royce Nikmati Booming di China

Beijing - Booming ekonomi yang terjadi di China saat ini membuat banyak orang jadi kaya mendadak. Karena itulah tidak heran bila kini produsen mobil super mewah, Rolls-Royce menyebut China akan menjadi pasar terbesar mereka.
Tahun ini menurut laporan Hurun Research Institute China memiliki 875.000 orang jutawan, meningkat 6,1 persen dari tahun lalu.

Maka tidak heran bila banyak kalangan kini menggangap China sebagai pasar mobil mewah dengan pertumbuhan paling pesat di dunia.

Tahun 2011 mendatang Rolls-Royce Motor Cars Ltd. memperkirakan akan mampu menjual 800 unit mobil. Bandingkan dengan tahun 2009 lalu yang dalam setahun Rolls-Royce hanya mampu terjual sebanyak 100 unit saja.
Adapun hingga bulan ke 10 tahun 2010 ini Rolls-Royce sudah mampu menjual hingga 500 mobil mewah mereka di tanah China.

"Pasar China pada umumnya menuju ke satu arah. Itu adalah pertumbuhan yang luar biasa, dan itu akan berlangsung cukup lama," ungkap Direktur Roll-Royce wilayah Asia Pasifik, Paul Harris seperti detikOto kutip dari Auto News, Rabu (1/12/2010).

Padahal seperti halnya Indonesia, China juga menerapkan tarif impor yang sangat tinggi untuk produk-produk yang masuk kesana.

Sebagai contoh Rolls-Royce Phantom dijual dengan harga mulai dari RMB 6,6 juta atau sekitar Rp 8,9 miliar.

Sementara bila mau versi Phantom yang memiliki wheelbase lebih panjang, para jutawan China harus merogoh kocek lebih dalam lagi yakni mencapai RMB 8,2 juta atau sekitar Rp 11 miliar.

Harga tersebut sangat tinggi bila mengetahui harga mobil ini di Amerika yang hanyalah seharga US$ 380.000 atau sekitar Rp 3,4 miliar atau kurang dari setengahnya. Sementara harga Rolls-Royce Ghost di China dilepas dengan harga RMB 4,1 juta atau Rp 5,5 miliar.

Saat ini Rolls-Royce memiliki delapan diler di China dan akan ditambah empat diler lagi tahun depan untuk mendorong kenaikan penjualan.

Tingginya harga mobil mewah di China disebabkan karena berbagai pungutan yang diberlakukan pemerintah negeri tirai bambu. Harga mobil mewah yang dijual disana harus ditambah dengan berbagai pajak mulai dari bea impor sebesar 25 persen, pajak pertambahan nilai dari 17 persen, dan pajak konsumsi 40 persen.

Meski begitu, hal ini ternyata tidak menyurutkan para orang kaya di China untuk menikmati kemewahan dari Rolls-Royce meskipun harus menunggu lama.

Sebab untuk para pembeli yang ingin memiliki Rolls-Royce Phantom saat ini harus sabar menunggu hingga akhir Mei 2011.

"Ini adalah kisah sukses dari bisnis wirausaha China, pengusaha China bekerja keras dan ingin untuk menghargai dirinya sendiri untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik," ujar Harris.

Lagi dan lagi yang suka hobi otomotif

Ingolstadt - Produsen mobil Jerman, Audi memiliki rencana besar untuk bisnis masa depan mereka terutama di segmen kendaraan listrik. Sebab Audi berambisi untuk menguasai pasar mobil listrik premium pada tahun 2020 mendatang.

"Pada tahun 2020, kami ingin menjadi penjual kendaraan listrik premium terkemuka," kata manager strategi Audi bidang mobil listrik, Franciscus van Meel dikutip dari Auto News, Selasa (30/11/2010).

"Kami berturut-turut akan membawa keluar berbagai model hibrida dan kendaraan listrik, seperti rencana mengeluarkan plug-in hybrid pertama kami pada tahun 2014," tambahnya tanpa merinci mobil apakah itu.

Tapi kabarnya, Audi sedang menyiapkan versi full-hybrid dari sedan A8 dan SUV Q5, keduanya kemungkinan akan keluar pada akhir tahun 2011 nanti, sedangkan sebuah A6 versi hibrid kemungkinan akan tiba pada tahun 2012.

Selain itu ada versi listrik bertenaga baterai e-tron untuk supercar R8 di tahun 2012. Audi sendiri sengaja mendirikan divisi e-tron untuk mengembangkan dan memproduksi mobil listrik mereka untuk menyongsong persaingan di segmen ini pada masa depan.

"Hari ini kita mengasumsikan bahwa penjualan mobil listrik Audi berteknologi e-tron akan naik hingga enam digit pada 2020," imbuh van Meel.

Pada tahun 2020 itu Audi juga ingin meningkatkan efisiensi pembakaran mesin internal sebesar 30 persen dan ingin 5 persen dari lineup mobil mereka adalah mobil listrik.

Untuk membantu mencapai tujuan tersebut, Audi baru saja menggelontorkan dana hingga 65 juta Euro atau sekitar Rp 769 miliar dan membuka lahan seluas 14.000 meter persegi untuk pabrik dan pusat pengujian mobil listrik mereka serta mempekerjakan 840 orang untuk membantu mengembangkan powertrain listrik dan baterai.

Ambisi Audi ini didukung penuh oleh Volkswagen AG yang menjadi induknya. Sebab VW memang sudah sangat berambisi menjadi merek No 1 di dunia dalam segmen mobil hibrid dan listrik sebelum akhir dekade, serta meningkatkan pangsa pasar mobil listrik sampai 3 persen dari proyeksi penjualan global sebesar 10 juta kendaraan pada tahun 2018.

Selain Audi, VW juga berencana akan meluncurkan beberapa mobil listrik seperti E-Up, E-Golf dan E-Jetta pada tahun 2013 mendatang.

Untuk yang hobi otomotif

4 Motor Baru dan 2 Motor Facelift Minerva di 2011

PT Minerva Motor Indonesia (MMI) memastikan diri untuk mengeluarkan 4 motor baru dan 2 motor facelift

"Tahun ini ada 4 motor baru dan 2 facelift yang akan kita keluarkan," ungkap Presiden Direktur Minerva Motor Indonesia Kristianto Goenadi kepada detikOto, Kamis (13/1/2011).

Lalu apa saja keempat motor baru itu? Ternyata Minerva Sachs Pepe yang merupakan skutik bergaya retro khas Italia menurut Kristianto akan ikut masuk dalam rombongan motor baru Minerva.

Motor yang mengambil basis dari motor Eropa yakni Benelli Pepe tersebut akan ikut meramaikan trend motor retro di Indonesia dan diperkirakan akan menyegarkan pasar dengan garis lekuk retro dengan lampu membulat yang dimilikinya.

Mesin 50 cc yang biasanya digendong Pepe di benua biru nantinya akan dinaikkan kapasitasnya menjadi 125 cc untuk memenuhi selera masyarakat Indonesia.

Selain Minerva Sachs Pepe di tahun kelinci ini akan hadir pula QuatroNove X yang juga diambil dari motor Benelli memiliki tubuh sporty dengan desain yang agresif.

Rencananya motor ini akan diperkuat oleh mesin berkapasitas 125 cc yang sudah dilengkapi dengan water cooler dan dikembangkan oleh produsen motor Jerman, Sachs.

"Ada lagi motor sport bermodel naked. Ini motor sport yang sama sekali baru. Desainnya diurus sama Megelli dari Inggris," tambahnya.

"Tapi motor yang keempat masih kita rahasiakan ya," imbuh Kristianto.

Untuk jadwal peluncuran Kristianto membocorkan kalau Minerva Sachs Pepe dan motor sport bermodel naked bike kemungkinan akan mereka luncurkan bersamaan dengan pagelaran Pekan Raya Jakarta (PRJ), pertengahan tahun ini. Waktu peluncuran motor ini agak telat dari rencana awal Minerva yang berencana meluncurkannya di awal tahun 2011.

"Sedangkan QuatroNove X dan satu motor baru lainnya akan kita luncurkan di akhir tahun nanti," ujarnya.

"Dengan motor baru itu kami optimis dapat menjual 70 ribu motor di tahun 2011, naik dari penjualan Minerva di tahun 2010 yang mencapai 60 ribu motor," pungkas Kristianto.
di tahun 2011 ini. Keempat motor baru itu akan meramaikan pasar motor Indonesia yang makin menggelembung tahun ini.

Kamis, 03 Februari 2011

Buat yang hobi mancing


Daftar FISHYWILD (tempat2 mancing di alam bebas, danau, waduk, kali, sungai)

SEJABODETABEK++

DANAU

1. Danau Lido, Sukabumi
2. Danau Senayan (Belakang BEJ), Senayan-Jakarta Selatan
3. Danau Taman Ria Senayan (sekarang Taman Ria nya udeh tutup), Jaksel
4. Danau buatan : Studio alam TVRI, Depok... banyak ikan emasnya
5. Danau Sunter, Sunter-Jakarta
6. Danau Kota Taman Metropolitan, Narogong-Cileungsi
7. Danau Trisakti, Ciangsana (belakang Kota Wisata)
8. Danau Kota Wisata Cibubur - tempat dan ikannya ajib, tp skrg lagi verboden (biar ikannya gede2 dolo kali yee)
9. Danau Griya Asri 2, Tambun-Bekasi Targetnya Ikan mas,Bawal,Lele + Patin kingkong ( kira2 besarnya se jok motor banyak reel n joran jebol di hajar patin ini )
10. Danau buatan di belakang Bumi Perkemahan Ragunan (Ikan Mas, Mujair, Gabus)
11. Danau buatan di Cinere(pinggir jalan-dekat Cinere Mall, Depok (kalo dari arah Pondok Labu sebelah kiri, lupa tanya nama jalan dan danaunya)
12. Danau Puspiptek, Jl. Raya Puspiptek, Serpong (posisi didepan pintu masuk perumahan Puspiptek seberang pintu masuk Puspiptek)
13. Danau Kalibata, berada didalam Komplek Taman Pemakaman Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan (gabus,mujair/nila,betok/betik,srepeng,sepat,mas).
14. ………



KALI

1. Kali Sabi (pecahan Sungai.Cisadane) , Sangego - Pasar Baru, Tangerang
2. Kali Malang - Bekasi Barat ; lele, betok, jaer, sapu-sapu, gabus
3. Kali Ciliwung belakang Kalibata Mall
4. Kali Ciliwung Pasar baru ; belut, lele - can't you believe it : gw pernah lihat ada yg dapet ikan alligator...(lepasan kaleee)
5. Kali Ciliwung sepanjang Jl. Hayam Wuruk/Jl. Gajah Mada, terutama di pintu air Hotel Jayakarta (Lele, Gabus, Sepat, Sapu2)
6. Kali Pesanggrahan, Ciputat-Pondok Pinang-Bintaro-Ulujami-Joglo, Jakarta (spot2 tertentu saja, karena banyak sampah rumah tangga dan polusi konfeksi rumahan)
7. Kali didalam Perumahan Bilabong Permai, Jl. Raya Parung Bogor (kemarin gi survei perumahan banyak juga yang mancing, cuma belum sempet tanya ikannye)
8. …..


SETU

1. Setu Babakan, Ciganjur-Jakarta Selatan
2. Setu Mangga Bolong, Ciganjur-Jakarta Selatan (bersebelahan dengan setu Babakan srengseng sawah jagakarsa jakarta selatan, tepatnya di belakang SMK Teladan)
3. Setu Cipondoh, Cipondoh-Tangerang-Banten (patin, gabus, bloso, bawal, lele, mujair, gurame, mas, sapu2, udang rawa)
4. Setu Pamulang, Pamulang-Ciputat-Tangerang
5. Setu Perigi, Desa Perigi-Bintaro-Banten
6. Setu Cogrek, Ciseeng / Parung (Belakang Kompleks NUBIKA)
7. Setu Tonjong, Parung
8. Setu Kemuning, Parung
9. Setu Salabenda, Kemang-Bogor
10. Setu Cilala, Telaga Kahuripan (Jl. Raya Bogor_Parung)
11. Setu Lengkongbarang, Ciseeng Parung
12. Setu Iwul, Ciseeng Parung
13. Setu Lebakwangi, Parung
14. Setu Jampang, Parung
15. Setu Ciseeng, Parung
16. Setu Sawangan, Sawangan Depok (deket Sawangan Golf/Cinangka)
17. Setu Pemda, dekat kantor Pemda Kab. Bogor
18. Setu Cikaret tepatnya di belakang RSU Cibinong
19. Setu Gede, Dramaga IPB bogor (hanya bisa di pancing dalam event2 tertentu)
20. Setu Gede, belakang SMAN 1 Depok
21. Setu Pladen, Beji-Depok
22. Setu Burung, desa karawang, dramaga, bogor. lokasi tidak jauh dari setu gede
23. Setu Billabong adanya di dalam komplek perumahan Billabong Parung. Ikan Potensialnya Gabus
24. Setu Jatijajar, Cimanggis Depok ( Potensi ikannya cukup bagus... patin, gabus, nila babon, betok. Info lebih bisa hub. kang irvan aka iponk73)
25. Setu Cilodong, dekat asrama AD Cilodong
26. Setu Cibubur 3 : Jalan Cibubur Indah
27. Setu Buperta, Cibubur
28. Setu Golf Halim PK..squadron raya (disini ajib ni..tempatnya masih alami..)
29. Setu Dirgantara 3 Halim..Jl. Raya Pondok Gede
30. Setu Ceger Tempatnya gak keliatan dari jalan ketutupan pagar tinggi dan gedung Mapindo ( setu dibelakang gedung ) ada di Jl. Raya Ceger-TMII kelurahan Ceger, nanya ama penduduk sekitar pinggir jalan seberang TMII ( keong MAS ) pasti tahu deh..atau ke G. mapindo itu parkir deh kendaraan akang disitu ( ijin satpam ) tp hari minggu aja..sbb hari biasa buat ngantor..
31. Setu Sela - POMAD Bogor, potensi ikan mujair, Nila, Gurame, snake head, Belida
32. Setu Cibinong, dekat pasar Cibinong, potensi ikan Srepeng banyak banget, snake head jumbo, ikan emas, mujair, nila, beunteur.
33. Setu Citayam bersebelahan dengan stasiun kereta Citayam – Bogor
34. Setu Cilangkap (Ciracas) Jakarta Timur dekat Jl. PKP
35. Setu Cilangkap Cimanggis Depok (dekat perbatasan Depok Bogor)
36. Setu Nusantara, Jl. Nusantara Raya Depok 1
37. Setu Tunggilis - arah ke Jonggol, Mekarsari sonoan dikit
38. Setu Pengasinan, Sawangan
39. Setu Universitas Indonesia, UI Depok
40. Setu Srengseng, Jl. Cempaka-Kembangan Jakarta Barat
41. Setu Griya Serpong Asri, dalam komplek Griya Serpong Asri-Serpong (gabus, bloso, mujaer)
42. Setu Gunung Putri, disamping gerbang tol exit Gunung Putri di Jagorawi
43. Setu Cikokol, Tangerang sebelah mall Metropolis di perumahan Modernland, Cikokol, Tangerang, hanya bisa sabtu-minggu, ada gabus, nila sm lele
44. Setu sukarame, di parungkuda, sukabumi, tepatnya di kaki gunung wayang, lokas spot sgt dekat dgn Javana Spa, kemarin terakhir kesana (maret'2010) sy lihat ada yang dapat gabus mungkin 3 kiloan.., nila sm lele juga ada
45. Setu Rawa Kalong
Lokasi : Belakang Pabrik PSI Jl. Raya Bogor Km34,5 masuk lewat Gg. Nangka
Ikan : Mujaer, Patin babon, Lele, Mas, Gabus, Udang, sm Sapu2
Mujaer lobangnya lumayan 5 - 8 jari..
46. setu LIPI (Ada di gg.langgar, desa rawapanjang, bojonggede) persis d depan perumahan LIPI n arah ke perumahan Taman Raya Citayam .



SUNGAI

1. Sungai Cisadane, Pancasan Bogor.. sungai ini mengalir ke arah Tangerang
2. Sungai.Cisadane , Pintu Sepuluh - Pasar Baru, Tangerang.
3. Sungai Ciliwung, Bogor (hanya spot2 tertentu saja, karena polusi yg tinggi)

Aliran Depok sekitar Jembatan Stephanus (Jembatan Panus). Terdiri dari beberapa .

Spot favorit

* Kedung Bayi
* Kedung Petir
* Kedung Amplas
* Kedung Angsana
* Bawah Jembatan Panus...n sekitarnya
* Kali Rawa
* Kali Cikumpa (anak sungai yg bermuara ke Ciliwung)
* Perumahan Pesona Depok/Pesona Khayangan
* Bojong....bukan bojong bogor

Ikan Favorit:

* Lempalung/Hampala (yang sering didapat seukuran 1-3 jari...tiga minggu lalu ada yg dapat sebetis orang dewasa). Anakan Hampala banyak dipinggiran terutama saat air bening.
* Baung....ini inceran para daily angler
* Lele
* Tawes (udah tidak serame 10 tahun lalu...tapi masih sering aja dapat)
* Lawak ...kalo dapet niy ikan...pasti bawaannya mo ketawa mulu...
* Lenggehet ...gak tau nama di daerah laen...mungkin beunteur/benter.... sirip dorsal hitam n sirip anal ada garis kuning....badan tidak selebar tawes...agak panjang...ukuran max 15-17 cm
* Keting
* Gabus males
* Melem...dah langka...masih ada yg dapet
* Kancra...dah langka...masih ada yg dapet

4.….…..

WADUK

1. Waduk Kukila Lubang buaya jakarta Timur
2. Waduk Cirata : silahkan kontak mbah El Torro, dia kuncen disana
3. Waduk Jatiluhur
4. Waduk Katulampa di Bogor (potensi ikan: paray, beunteur, lele gede2, sili kadang ada ikan mas... mungkin pelarian dari kolam2 di daerah ciawi tajur)
5. …..


LAIN-LAIN

1. Rawa di samping landasan terbang Pondok Cabe, Jaksel (Gabus, Lele)
2. Rawa di Jl. H. Muhi, Pondok Pinang, Jaksel dekat pembuangan sampah (Ikan Mujair, Gabus, Sepat, Gloso)
3. Bekas galian pasir di Cisauk
4. Bekas galian di belakang Menara Imperium - Kuningan ; jaer, betok, patin
5. Basement gedung belum jadi yg kerendem - depan Landmark, blkg gd. Indosemen
6. Spot mancing di area Harapan Indah Jl. Bekasi. tepatnya di BKT banjir kanal timur. mujaernya 5jari-an
7. Rawa-rawa perbatasan antara Perumahan Banjar Wijaya dengan MOderland Tangerang, LOkasinya persis banget diPintu keluar Banjar Wijaya yang langsung kePerumahan Moderland. Ikannya betok,sepat, gabus, ikan mas.

8.Bawahnya namm centre hotel,dkt MGK kemayoran

Hobi Fotografi

Canon PowerShot G12

Canon PowerShot G12 bisa dikategorikan dalam kelas khusus yang berada di antara prosumer dan DSLR. Meskipun lensanya tetap, tidak bisa diganti-ganti seperti layaknya DSLR, kamera di kelas ini memiliki sistem kendali manual yang mumpuni serta sensor dengan ukuran yang lebih besar dari kamera prosumer. Kamera pada kelas ini biasanya dipakai oleh dua golongan, fotografer professional yang memerlukan kamera cadangan atau menghadapi medan yang terlalu berat sehingga membawa kamera DSLR terlalu sulit atau fotografer pemula yang sedang mempelajari kendali manual sebelum menggunakan DSLR.
Secara umum Canon PowerShot G12, atau untuk singkatnya saya sebut saja G12, merupakan salah satu kamera berlensa tetap paling canggih yang ada di pasaran saat ini. Sistem kendali dengan berbagai tombol, dial, dan wheel, dapat memuaskan fotografer profesional sekalipun. Sistem kendali manualnya sangat memuaskan, sistem menunya mudah, dan juga dilengkapi video berformat HD. Untuk saat ini, satu-satunya kompetitor seimbang di pasaran adalah Nikon CoolPix P7000.
DESIGN
Merupakan penerus G11 yang diperkenalkan tahun lalu, perubahan utama dari sisi design pada G12 adalah adanya dial di pojok kanan atas depan, sehingga pengendaliannya benar-benar menyerupai DSLR profesional. Sisanya hampir sama persis dengan G11. Kalau kita perhatikan baik-baik akan terlihat juga adanya karet bertekstur pada posisi jempol di bagian belakang kamera sehingga grip menjadi lebih mantap.
Pada bagian atas terdapat tombol putar untuk mengatur exposure compensation sehingga kita bisa melalukan pengaturan exposure dengan cepat terutama saat kita menggunakan mode otomatis. Kemudian terdapat tombol putar bertumpuk untuk mengatur ISO dan mode pemotretan. Tombol shutter terdapat di sudut kanan depan yang dikombinasikan dengan pengatur zoom. Tersembunyi di samping shutter terdapat tombol on/off yang rata dengan bodi sehingga mudah ditekan tetapi tidak mudah tertekan. Keberadaan tombol-tombol khusus untuk melakukan pengaturan manual ini sangat memudahkan fotografer professional yang terbiasa melakukan pengaturan pemotretan secara manual. Dudukan flash – dikenal dengan sebutan hotshoe – yang kompatibel dengan semua speedlight Canon terbaru memperkuat identitas professional.
Di bagian belakang terdapat empat tombol di bagian atas, masing-masing untuk mengatur Focus Frame, Metering, Display, dan Menu. Dengan penempatan tombol tersendiri untuk fungsi-fungsi tadi, fungsi tombol yang berada pada roda putar di samping kanan LCD dipergunakan untuk fungsi-fungsi yang lain yaitu dua mode pengaturan focus Manual dan Macro serta tombol pengatur Flash dan Self-Timer.  Selain itu terdapat tombol AE Lock do pojok kanan atas, tombol Playback di bawah putaran ISO, dan tombol Shortcut di pojok kiri. Terminal AV/USB dan HDMI tersembunyi di dalam kompartemen di bagian samping.
Untuk bidikan, G12 memiliki viewfinder optis dengan dioptric ajuster dan sebuah LCD berukuran 2.8 inci yang dapat dilipat dan diputar dengan resolusi 461,000-pixel. Sedikit kelemahan disini saya temukan karena pada angle tertentu viewfinder terhalang oleh lensa. Resolusi LCD juga bukan yang terbaik karena di pasaran sudah ada kamera dengan resolusi LCD 920,000-pixel. Sementara nampaknya kita harus menunggu sampai muncul G13 untuk dapat menikmati kecantikan layar LCD dengan resolusi setinggi itu. Lens mount tersedia untuk memanstikan kompatibilitas dengan converter baik tele maupun wide. Di bagian bawah terdapat kompartemen yang menampung batre dan kartu memori yang kompatibel dengan SD, SDHC, dan SDXC.
PEMOTRETAN
Disini kita akan buktikan bahwa G12 benar-benar dirancang untuk fotografer berpengalaman, bukan hanya tampilannya saja. G12 dilengkapi berbagai mode, opsi, pengaturan yang memungkinkan kita berkreasi dengan bebas dan efektif. Salah satu yang baru adalah Digital Level Meter yang memastikan bahwa kita memegang kamera dengan benar-benar datar atau benar-benar tegak. Dikombinasikan dengan Grid Guidline, fasilitas ini membantu kita mengambil foto simetris. Sesuatu yang kecil tetepi sangat bermanfaat adalah penyempurnaan pada Self-Timer. Dipadukan dengan putaran pada dial baru di sisi depan, kita bisa mengatur pemotretan otomatis sampai 30 detik. Melalui Self-Timer kita juga bisa mengatur pemotretan otomatis berulang sampai 10 kali.
Ada beberapa Scene baru yang ditambahkan yaitu mode Super Vivid, Posterize, HDR, dan Nostalgic. Dalam mode Nostalgic kita bisa mengatur saturasi foto secara langsung melalui dial di depan kamera. Dalam mode HDR, kamera secara otomatis mengambil 3 foto dengan exposure berbeda dan menggabungkannya menjadi satu. Kita dapat menggabungkan mode Super Vivid dan Posterize dengan HDR, tapi untuk hasil maksimal sebaiknya kita memakai tripod. Jika kita lebih memilih untuk menggabungkan sendiri pada post-processing, tersedia fasilitas Exposure Bracketing dan Focus Bracketing. Fotografer yang terbiasa dengan DSLR dapat menggunakan mode Quick Shot yang menampilkan berbagai parameter pemotretan seperti White Balance, Image Quality, Exposure Compensation, dll, sehingga kita bisa melakukan pengaturan dengan cepat dan akurat.
Masih sama dengan pendahulunya, G12 dilengkapi dengan lensa 5x optical zoom mulai titik wide 28mm. Di pasaran sudah ada model prosumer yang mengambil rentang wide angle dari 24mm. Resolusi LCD-nya kurang tajam untuk melalukan pemotretan dengan fokus manual. Untungnya sistem fokus otomatis G12 bekerja sangat baik. Kita bahkan bisa menggeser dan mengubah ukuran kotak fokus. Sistem Hybrid Optical Image Stabilization yang diterapkan bekerja dengan sempurna baik pada mode video maupun foto. Nampaknya sebanding dengan sistem Mega OIS Panasonic yang banyak diyakini sebagai sistem image stabilizer paling efektif. Satu lagi yang juga sangat menunjang kreativitas pemotretan, filter Neutral Density memungkinkan kita memotret dengan aperture lebih lebar atau speed lebih rendah.
Untuk pemotretan dengan hasil RAW G12 cocok untuk pemotretan dengan mode Program AE, Shutter, Aperture, atau Manual. Untuk pemotretan JPEG kita bisa memakai sistem penyetelan Dynamic Range Correction, sejumlah filter warna, dan berbagai model ukuran seperti 4:3, 16:9, 3:2, 1:1, dan 4:5. Salah satu kelemahan lain adalah shutter speed yang tidak bisa lebih rendah dari 15 detik. Aperture juga terbatas pada rentang f/2.8 sampai f/8 saja, sehingga dalam tingkat pencahayaan rendah kita mungkin terpaksa menggenjot ISO yang artinya mengorbankan kualitas foto.  However, we were able to shoot in a Whitman’s Sampler of shooting environments, and it seemed like the Canon PowerShot G12 had an answer for nearly every photographic riddle.
KUALITAS FOTO
Mengikuti jejak para pendahulunya, Canon PowerShot G12 memberikan hasil foto yang sangat baik. Masih dipersenjatai dengan sensor CCD 1/1.7 inci beresolusi 10 megapixel, kualitas foto yang dihasilkan tidak berbeda dengan seri G11 sebelumnya. Nampaknya Canon masih cukup puas dengan kualitas foto yang dihasilkan G11 dan tidak mau mengambil resiko dengan memperkenalkan sensor baru.
Meskipun demikian sebagai pemakai kita tentu mengharap lebih pada produk yang lebih baru dan karena itu bertanya-tanya mengapa Canon tidak memberikan sesuatu yang lebih baik seperti ukuran sensor lebih besar atau resolusi lebih tinggi. Canon bahkan menyematkan prosesor yang sama dengan G11 pendahulunya.
Kriteria-kriteria dasar kualitas foto nampak tertangani dengan sangat baik. Fringing, ghosting, stepping, atau kontras dramatis tidak ditemukan. Dalam kondisi pencahayaan yang cukup, hasip foto G12 dapat disetarakan dengan DSLR hobbyist dengan cropped format. Pada pencahayaan rendah muncul noise meskipun masih bisa dikategorikan baik. Forwat RAW yang dihasilkan G12 nampak lebih baik dari format JPEG-nya, tetapi pada pencahayaan rendah justru noise-nya lebih tinggi.
Berbagai pengujian yang dilakukan pencahayaan rendah, hanya mengandalkan cahaya bulan dengan exposure panjang memebrikan hasil yang mengesankan. Pada ISO 1600, noise sudah masuk pada tingkat mengganggu sehingga sebaiknya tidak menggeber ISO sampai setinggi itu. Meskipun pada ISO 1600 – 3200 noise tidak memungkinkan kita memakai foto untuk keperluan komersial, untuk sensor CCD berukuran 1/1.7-inch CCD, populasi noise-nya relatif rendah. Warna, tonalitas, gradasi, dan ketajaman merupakan kekuatan kamera ini.
KUALITAS VIDEO
Format video 720p 24fps pada G12 merupakan senjata baru yang tidak dimiliki G11. Sayangnya parameter yang dapat diatur secara manual hanya  White Balance, Manual Focus, dan Exposure Compensation. Tentunya kita juga dapat menggunakan mode Macro dan menambahkan Color Filters. Sayangnya 5x optical zoom dan manual focusing tidak dapat dipergunakan ketika perekaman sedang berlangsung.
Tersedia beberapa mode yang cukup menarik dan bekerja dengan sempurna yaitu Miniature, Color Accent, dan Color Swap. Meskipun tidak memiliki port microphone, kualitas suaranya cukup mumpuni.
Dengan format 720p yang dihasilkan oleh sensor 1/1.7 inci, kualitas yang video yang dihasilkan memang di atas rata-rata kamera kamera point-and-shot.

iPhone 4G

Bos Apple, Steve Jobs baru-baru ini memperkenalkan generasi keempat dari smartphone populer buatannya, iPhone 4G, pada forum Worldwide Developers Conference di San Fransisco, Amerika Serikat.
Keunggulan utama iPhone generasi terbaru ini diantaranya prosesor yang lebih cepat, layar 3.5 inci dengan resolusi 960 x 640 pixel, dan dual camera beresolusi 5 megapixel yang juga berfungsi sebagai kamera video dengan resolusi HD. Batre juga tidak lepas dari sentuhan pembaharuan, kekuatannya bertambah menjadi 7 jam bicara melalui jaringan 3G. iPhone 4G dapat beroperasi di dalam lingkungan jaringan 2G, 3G dan 4G. Penggunaan di dalam jaringan lebih lawas seperti 2G dapat menghemat batre.
Steve Jobs mengatakan bahwa layar iPhone 4G memiliki kerapatan pixel 326 pixel per inch, lebih tinggi dari kemampuan retina mata manusia yang hanya dapat menangkap kerapatan 300 pixel per inch dari jarak sekitar 12 inci. Tetapi menurut presiden  DisplayMate Technologies, Raymond Soneira,  pernyataan Steve Jobs kurang akurat kendati mengakui bahwa layar iPhone 4G merupakan layar smartphone terbaik saat ini.
Di Inggris iPhone 4G akan hadir bersama sejumlah penyedia jaringan seluler termasuk O2, Orange, dan Vodafone. Kebanyakan operator menawarkan kemudahan untuk menukar program lama yang masih berjalan dengan program baru iPhone 4G segera diluncurkan.

Laptop Impian 2010

Prosesor Intel i7-620M 2.66GHz dengan turbo boost up to 3.33 GHz, memory 8GB DDR3, layar 13.3″ dengan resolusi 1920 x 1080, NVIDIA GeForce GT 330M dengan 1GB dedicated DDR3, Windows 7 Professional 64 bit, hanya 1.41 kilo.

Penggila laptop kencang tentu tergila-gila dengan jajaran terbaru Vaio seri Z keluaran Sony ini. Salah satu yang beredar di pasar Indonesia adalah VPCZ117GG yang mengusung segala kecanggihan yang dimilikinya dalam dimensi yang sangat kecil, beratnya tidak sampai 1,5 kilogram saja. Beberapa tahun yag lalu kita masih melihat situasi dimana makin kencang komputer maka makin besar pula dimensinya, sekarang sudah tidak lagi.
Beberapa hal menarik dari laptop ini diantaranya prosesor yang digendongnya, Intel i7-620M berkecepatan 2.66GHz yang dilengkapi Turbo Boost yang bisa memompa kecepatan sampai 3.33GHz. Baru kali ini saya mendengar ada padanan yang sama dengan teknologi turbo pada mesin mobil yang diterapkan pada sebuah laptop, dulu paling banter para pecinta kecepatan melakukan overclock terhadap prosesor desktop. i7 merupakan kasta tertinggi dari jajaran prosesor terbaru Intel.
Apa yang istimewa dengan layar mungil berukuran 13.3 inci? Yang satu ini sangat istimewa, resolusinya mencapai kelas full HD 1920 x 1080 pixel, resolusi yang biasanya hanya dimiliki layar desktop berukuran di atas 20 inci. Performa display dari layar ini disokong prosesor grafis NVIDIA GeForce GT 330M dengan dedicated video memory 1GB DDR3. Layar ini mampu memberikan rendering warna 96% dari RGB Adobe. Uniknya, untuk menghemat batre, pada mode hemat energi laptop ini secara otomatis mengganti prosesor grafisnya dengan Intel GMA.
Angka lain yang tidak kalah fantastik adalah memori tipe DDR3 sebesar 8GB yang dimilikinya. Harddisk sebesar 256GB meskipun cukup besar tapi mungkin tidak terlalu istimewa. Netbook yang saya pakai memiliki harddisk sebesar 320GB. Tapi harddisk 256GB si laptop impian ini terdiri dari 4 buah SSD yang memiliki banyak keistimewaan, ukuran kecil, kecepatan tinggi, panas rendah, konsumsi energi kecil, dan resistensi guncangan yang lebih baik.
Untuk mengendalikan tenaga sebesar ini, dipakai Windows 7 Professional versi 64 bit.
Kombinasi harddisk SSD, teknologi layar, bahan body, dan banyak aspek lainnya membuat mesin kencang ini sangat ringan, hanya 1.41 kilogram saja. Jika di dalam dunia otomotif mesin kencang identik dengan boros bahan bakar, laptop ini berbeda, dia bisa beroperasi penuh selama 5 jam dengan batre standar dan 8 jam dengan batre extra.
Body terbuat dari bahan allumunium one piece seperti yang dipakai pada MacBook unibody sementara bagian atas, belakang layar, menggunakan bahan karbon yang kuat tapi ringan. Kombinasi bahan karbon dan teknologi LED yang dipergunakan pada layar selain memberikan performa yag baik juga menjadikannya sangat tipis.
Tapi dengan bandrol harga hampir mencapai $3.000 mungkin hanya segelintir orang saja yang mampu memilikinya. Mereka yang tidak terlalu melek teknologi tapi punya kantong super tebal, atau mania teknologi berkantong pas-pasan yang rela memecahkan pundi-pundinya. Pencinta kecepatan berkantong cekak seperti saya tentunya harus puas dengan mengaguminya dari jauh saja, seperti para jomblowan yang hanya bisa menelan melihat Nia Ramadani atau para pria hidung belang melihat Jupe di layar kaca.

Rabu, 02 Februari 2011

Manfaat Punya Hobi

Kenapa sich kita harus punya hobi ? Mungkin itu suatu pertanyaan yang menggelitik kita, tetapi itulah pertanyaannya. Memang kita hidup tidak terlepas dari aktifitas yang harus kita kerjakan, jika kita sebagai karyawan kita harus bekerja sesuai dengan jam kerja yang telah ditetapkan oleh perusahaan, mungkin juga ada dari diri kita sebagai mahasiswa / pelajar yang sebagian tugas kita selain kuliah atau sekolah tentu harus mengisi dengan kegiatan lainnya, begitu pula apabila kita sebagai ibu rumah tangga.
Apapun kegiatan rutinitas harian kita, tentunya kegiatan itu akan menyita waktu, tenaga dan pikiran kita untuk melakukannya. Baik itu dalam jangka waktu lama atau hanya beberapa waktu saja, baik itu hari-hari kita itu padat atau tidak terlalu padat.
Pertanyaan yang menggelitik di atas, itu yang harus kita jawab, apakah disela-sela aktifitas harian kita memiliki hobi, atau menyempatkan diri untuk melakukan hobi kita ? Berdasarkan penelitian bahwa orang-orang yang mempunyai hobi akan mempunyai umur harapan hidup yang lebih panjang.
Hobi adalah sesuatu hal atau kegiatan yang disenangi oleh diri kita dan dilakukan secara teratur/rutin. Hal yang disenangi tersebut bisa melibatkan minat, kegiatan atau orang lain. Melalui hobi tentu akan menciptakan suasana yang relaks, dimana setiap hari orang selalu berkutat dengan perjuangan hidup dan kegiatan rutinitas harian.
Salah satu akibat dari selalu berkutatnya diri kita dalam rutinitas sehari-hari adalah timbulnya stress. Dengan mempunyai hobi, tentunya kita dapat mengurangi tingkat stress dan bahkan dapat menghilangkan stress yang ada pada diri kita, sehingga hidup akan menjadi lebih bahagia.
Apabila Anda termasuk orang yang mempunyai hobi, tentunya Anda termasuk orang yang beruntung, karena ada juga orang yang tidak punya hobi sama sekali. Bagi orang yang tidak mempunyai hobi, mereka menjalani hidup ini sesuai apa adanya. Sekecil apapun hobi yang Anda miliki dan tekuni, itu sangat bermanfaat bagi diri Anda.
Ada beberapa manfaat yang diperoleh apabila kita mempunyai hobi, yaitu :
  1. Pikiran menjadi lebih segar dan jernih, karena apa yang kita lakukan tidak membebani diri kita, tetapi bahkan diri kita menikmati kegiatan tersebut, sehingga pikiran kita terbebas dari beban-beban masalah yang ada.
  2. Sebagai ajang sosialisasi, karena dengan mempunyai hobi, kemungkinan Anda akan dapat berkumpul dengan orang-orang yang mempunyai hobi yang sama dan bahkan saling bertukar pikiran dan pengalaman.
  3. Menemukan bakat tersembunyi, dengan mempunyai hobi secara tidak sengaja kita dapat menemukan bakat yang tersembunyi yang mungkin selama ini tidak pernah terpikirkan oleh kita atau bahkan tidak pernah tereksploitasi.
  4. Apabila hobi Anda berhubungan dengan olahraga, maka dengan tanpa disadari, kebugaran diri kita akan menjadi lebih baik, karena kita dapat melakukan suatu kegiatan yang kita sukai sekaligus menyehatan badan atau tubuh kita.
Oleh karena itu, bagi Anda yang telah mempunyai hobi sangatlah beruntung, karena Anda telah menjalani sesuatu hal yang Anda sukai sehingga menimbulkan kesenangan terhadap suasana yang ada. Dan sudah pasti kualitas hidup diri kita akan lebih baik.
Bagi Anda yang belum mempunyai hobi, coba mulai dari sekarang Anda cari sesuatu kegiatan yang Anda sukai, sehingga Anda dapat menikmati dan menekuni kegiatan tersebut, dan pada akhirnya kegiatan itu dapat menjadi sebuah hobi untuk Anda.
Apapun hobi Anda, baik olahraga, membaca, menulis, berternak, berkebun, bersepeda, memasak, atau apapun itu, yang pasti Anda telah mendapatkan sesuatu kegiatan yang Anda sukai, tentunya akan bermanfaat bagi diri Anda sendiri yang menjalaninya.

Manfaat hobi memancing

Banyak alasan yang menyebabkan para mancing mania rela harus duduk berjam – jam di Tempat Memancing menunggu umpan disambar ikan. Meski hasil tangkapan yang dihasilkan mungkin tak khan lebih banyak dari biaya yang dikeluarkan. Banyak mancing mania yang bahkan rela mengeluarkan beratus – ratus ribu bahkan jutaan rupiah hanya untuk membeli peralatan mancing yang kalau dibandingkan dengan hasil ikannya pastilah akan jauh sekali harganya. Yang namanya mancing mania adalah orang yang dengan cara yang extreme mau menggeluti hobby memancing dan mau menyediakan waktunya untuk berburu ikan dengan memancing. Apa alasan mereka menjadi mancing mania?

1. Mancing adalah hobby yang menyenangkan. Dengan memancing, orang dapat merasakan mendapatkan pengalaman menarik ikan dimana saat inilah saat paling mengesankan bagi para mancing mania. Saat ikan mulai menyambar dan dengan ketrampilan kita akhirnya kita bisa menariknya maka ada kepuasan tersendiri bagi para pemancing. Juga merupakan tempat ajang wisata & liburan bagi keluarga (Sekolah Pariwisata).

2. Mancing akan mendapatkan manfaat kesehatan. Mancing juga merupakan sarana olahraga, bagi mancing mania seperti anda olahraga memancing akan memberikan aktifitas fisik yang cukup berhasil, melempar joran, menarik reel, menarik ikan, dan aktifitas fisik lainnya sehingga anda mendapatkan kesehatan.

3. Mancing adalah obatnya stress, para mancing mania pastilah sudah tahu bahwa aktifitas mancing dapat menghilangkan kepenatan di pikiran, mengurangi perasaan bosan dari seminggu penuh anda beraktifitas di kantor, bahkan memancing dapat menumbuhkan kegembiraan sekaligus menghancurkan stress yang mungkin anda derita. Ayo..sekarang kita memancing..:)

4. Mancing melatih kesabaran. Mancing mania biasanya adalah orang yang sabar..lho kok bisa? Berbeda dengan orang sabar dalam hal temperamen, memancing memberikan efek sabar dalam sebuah usaha meraih sesuatu. Hal kecilnya yakni saat memancing, pasti akan dibutuhkan waktu yang tidak sedikit, ber jam – jam anda harus menunggu umpan anda dimakan ikan, berkali – kali anda mencoba untuk menangkap ikan yang memakan umpan anda. Memancing bisa di terapkan pada anak sebagai sebuah Permainan Anak yag melatih kesabaran dan konsentrasi anak. Kadang anda berhasil, kadang anda gagal namun anda tidak menyerah dan tetap berkonsentrasi…ya..untuk memancing tetap harus konsentrasi melihat pelampung yang ditarik oleh ikan…lalu apa yang anda dapatkan? Kesabaran dan Konsentrasi khan?